Tiens Wikipedia

Sabtu, Mei 12th 2018. | artikel

Tiens Wikipedia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Berikut ini merupakan arsip usulan penghapusan halaman “Tianshi”

Isinya cuma iklan dan tidak dapat dikonfirmasikan kebenarannya (tidak ada di Wikipedia bahasa lain). –Xyz or die 12:28, 30 Juli 2006 (UTC). Tentang tiens Wikipedia tercantum juga di di american stock exchange “TBV”61.94.104.198 22:28, 10 Juli 2007 (UTC) Mengenai isinya mungkin agak berbau iklan, namun perusahaan ini benar2 eksis dan tercatat di Bursa Saham Amerika (AMEX). Hayabusa future (bicara) 12:53, 30 Juli 2006 (UTC) Mengapa suatu merk produk dihapus? toh banyak sekali bahkan ribuan nama, merk produk ada di ensiklopedia lainnya, aneh juga.

Ensiklopedia ini adalah salah satu reverensi dari segala kalangan, jika mereka bingung atas sesuatu (walau itu suatu produk) tinggal mencari di tiens wikipedia ini. Mulai anak SD hingga orang jompo mencari segala sesuatu “kebenaran” melalui wikipedia ini.

Perusahaan dan produk berbeda

Tianshi bukan Produk, tetapi suatu perusahaan. Produknya itu High Calcium Powder, Chitosan, Antilipemic Tea, Beneficial Capsules, Vitality Capsule dan lainnya

Tienshi adalah perusahaan sama seperti:

PT Bakrie & Brothers, AMD, Microsoft, Nikon Corporation, Acer (perusahaan), Canon (perusahaan), Nokia, dll

Sedangkan produk itu:

Matahari Department Store, Pringles, dll

Ini juga produk:

ASUS seharusnya: Asustek Computer, Inc

Telkomsel seharusnya: PT. Telkom Indonesia atau Telkom

Indomie seharusnya: Indofood

Gudang Garam seharusnya: PT. Gudang Garam, Tbk

Daihatsu Xenia seharusnya: Daihatsu

Sampoerna, A Mild seharusnya: PT. Hanjaya Mandala Sampoerna

Baygon seharusnya: Bayer

Atau berupa daftar seperti:

Daftar produk IBM, Daftar kendaraan Toyota, dll

Sedangkan artikel yang benar adalah:

Indosat yang mana pada artikelnya kata: Matrix, Mentari, IM3 dan Star One tidak diberi tanda tag ([[]]) melainkan hanya Pranala luar saja.

Jadi perusahaan dan produk sangat berbeda, tiens Wikipedia apalagi iklan itu masalah yang beda lagi, baik perusahaan ataupun produk yang ditulis dimanapun juga (sampai stiker di mobil walau ukurannya kecil, disebut juga iklan berjalan) sebenarnya sudah termasuk iklan.

Perusahaan dan produk dalam pendaftaran pada situs biasanya juga berbeda, yg mana Perusahaan biasanya menggunakan www.*.co.* Sedangkan produknya menggunakan www.*.com walaupun tidak 100% digunakan.

Pengertian Multi Level Marketing

MLM atau Multi Level Marketing adalah sistem penjualan yang memanfaatkan konsumen sebagai tenaga penyalur secara langsung, tiens wikipedia. Harga barang yang ditawarkan di tingkat konsumen adalah harga produksi ditambah komisi yang menjadi hak konsumen karena secara tidak langsung telah membantu kelancaran distribusi (definis dari wikipedia).

Seiring dengan berjalannya waktu, perjalanan bisnis MLM pun terus berkembang di Indonesia. Meskipun belum mencapai puncak kejayaan seperti di negara-negara lain, paling tidak MLM sudah berjalan di Indonesia. Itu artinya ada orang-orang Indonesia yang welcome  terhadap bisnis MLM. Lalu bagaimana sebenarnya pandangan masyarakat Indoensia terhadap bisnis MLM? Bahkan ada yang menanyakan apakah bisnis MLM halal atau tidak..

Memang bisnis MLM banyak ragamnya, dari produk sampai sistem yang berbeda-beda. Berdasarkan perbedaan-perbedaan tersebutlah ada bisnis MLM yang HALAL ada juga yang tidak. Berikut saya kutip arikel dari MUI yang dipublikasikan dalam situs resminya www.mui.or.id.

Hidayat menjelaskan ada katagori MLM yang berada di Indonesia yaitu yang sudah berbasis syariah dan konvensional. Khusus untuk konvensional yang sudah diverifikasi atau menjadi anggota Asosiasi Perusahaan Penjualan Langsung Indonesia (APPLI) hanya ada 65 perusahaan.

“Diluar yang 5 itu sebenarnya sudah ada 15 perusahaan yang mengajukan tapi kita tolak,” katanya.

Dikatakannya untuk mendapatkan MLM bersertifikasi syariah sangat ketat, setidaknya ada 12 prinsip yang harus dipenuhi oleh MLM yang mengajukan ke DSN dan lulus mendapatkan sertifikat.

Tiens Wikipedia

Dalam menentukan kriteria sebuah MLM halal atau tidak MUI Kota Bandung merilis juga fatwa MLM (Multi Level Marketing). MLM halal selama memenuhi prinsip-prinsip di bawah ini :

‘Tabadul al-manafi’ (tukar-menukar barang yang bernilai manfa’at);

‘An taradlin (kerelaan dari kedua pihak yang bertransaksi dengan tidak ada paksaan);

‘Adamu al-gharar (tidak berspekulasi yang tidak jelas / tidak transparan)

‘Adamu Maysyir (tidak ada untung-untungan atau judi seperti ba ‘i al-hashat yi: melempar barang dengan batu kerikil dan yang terkena lemparan itu harus dibeli, atau seperti membeli tanah seluas lemparan kerikil dengan harga yang telah disepakati, dan ba ‘i al-lams yi: barang yang sudah disentuh harus dibeli),

‘Adamu Riba (tidak ada sistem bunga-berbunga),

‘Adamu al-gasysy (tidak ada tipu muslihat), seperti al-tathfif (curang dalam menimbang atau menakar),

‘Adamu al-najasy (tidak melakukan najasy yaitu menawar barang hanya sekedar untuk mempengaruhi calon pembeli lain sehingga harganya menjadi tinggi),

‘Ta ‘awun ‘ala al-birr wa al-taqwa (tolong menolong dalam kebaikan dan taqwa),

‘Musyarakah (kerja sama).

Pandangan Masyarakat Tentang Multi Level Marketing

Memang tidak semua orang Indonesia terbuka atau mau menerima terhadap bisnis MLM. Ada banyak orang yang alergi terhadap yang namanya bisnis MLM. Tentu dengan banyak alasan. Inilah yang selama ini MLM di indonesia dipandang sebelah mata oleh orang-orang Indoensia :

Sebagian masyarakat kita pernah tertipu dengan money game yang berkedok MLM, walaupun ada produk yang dipasarkan, sehingga trauma/tidak percaya lagi dengan MLM.

Janji-janji yang terlalu berlebihan yang tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan.

Banyaknya pemain-pemain MLM yang bersifat kutu loncat sehingga tidak memberikan contoh yang baik, mudah menjelekkan perusahaan yang pernah diikutinya. Adanya perusahaan MLM yang tidak bertanggung-jawab dalam hal pembayaran bonus member dengan berbagai alasan. Kurangnya sosialisasi di lapangan/kurangnya seminar-seminar terbuka untuk umum mengenai enterpreunership MLM. Kurang berperannya Asosiasi yang menaungi Industri MLM seperti APLI (tidak adanya kegiatan-kegiatan yang terbuka untuk masyarakat umum dan kurangnya penghargaan-penghargaan terhadap pelaku MLM, baik member maupun perusahaan). Pemerintah kurang memberikan perhatian khusus untuk industri MLM dan tidak tegasnya pemerintah memberantas tiens Wikipedia praktek money games yang sangat merusak moral/mental masyarakat dengan menjanjikan cepat menjadi kaya tanpa kerja keras. Kurangnya media MLM yang berperan sebagai sarana Informasi maupun edukasi.

Dengan melihat fakta-fakta di atas, sekarang bagaimana pandangan anda secara pribadi dengan bisnis MLM. Apakah anda tertarik akan mengikuti bisnis MLM? Kalau anda sedang berencana mengikuti bisnis MLM semoga artikel ini bisa menjadi bahan pertimbgangan dalam memilih bisnis MLM yang akan dikuti.

Tiens Wikipedia

Tips Memilih Bisnis MLM (Multi Level Marketing)

Lihat apakah MLM tersebut memiliki produk untuk dijual atau tidak. Apabila tidak memiliki produk, maka jelas itu adalah money game dan hukumnyapun sudah dijelaskan di atas, adalah haram.

Pelajari sistemnya. Apakah anda bisa nenjalankan bisnis dengan sistem yang diterapkan. Setiap MLM memiliki sistem yang berbeda dalam hal perekrutan member, pembagian komisi dan bonus serta kewajiban belanja produk.

Perhatikan apakah produk yang ditawarkan bermanfaat bagi masyarakat kebanyakan atau tidak.

Kalau bisa jangan mencari yang produknya terlalu mahal. Karena yang pertama menjadi bahan perimbangan calon pembeli atau calon member akan masalah harga.

Apakah ada suport dari upline. Jangan sampai kita setelah gabung kemudian ditelantarkan dan dibiarkan tersesat dalam ketidak tahuan.

tags: , , , ,