Olahraga Tinggi Badan

Selasa, Mei 29th 2018. | artikel

Olahraga Tinggi Badan

Jangan Terlena Janji-Janji Olahraga tinggi badan

Banyak yang mempertanyakan cara mendapatkan postur tubuh yang ideal baik berat maupun tingginya. Salah satunya dengan mempraktikkan olahraga tinggi badan.

Sebelum mempraktikkan olahraga yang dianggap mampu mempertinggi badan, sebaiknya pahamilah faktor-faktor apa saja yang bisa berdampak kepada postur tubuh. Tinggi badan sendiri sangat tergantung dengan pola pertumbuhan dan tinggi anggota keluarga keluarga, terutama orang tua. Faktor lain yang memengaruhi adalah pernah atau tidaknya menderita penyakit kronis, bagaimana orang tersebut saat menapaki masa puber, serta nutrisi yang dikonsumsi.

jangan terlena janji-janji olahraga peninggi badan – alodokter

Seperti Apakah olahraga tinggi badan?

Banyak olahraga peninggi badan yang tutorialnya bisa diikuti di internet dan kerap mengklaim soal keberhasilannya. Hanya saja, setelah masa pertumbuhan selesai, olahraga seperti itu sebenarnya tidak mampu lagi membuat seseorang menjadi lebih tinggi. Ingatlah bahwa pada usia tertentu, pertumbuhan manusia akan terhenti.

Salah satu bentuk olahraga yang diklaim mampu meninggikan badan adalah peregangan. Padahal belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa teknik olahraga tinggi badan semacam ini bisa mempertinggi postur manusia setelah melewati masa pertumbuhan. Tetapi peregangan masih mungkin efektif dalam memperbaiki postur tubuh seseorang. Perbaikan postur inilah yang sering diklaim bisa membuat tinggi badan lebih tinggi meski usia sudah tidak mendukung.

Harus dipahami bahwa masa pertambahan tinggi badan manusia yang pesat terjadi pada usia muda. Pertumbuhan manusia mengalami masa-masa tercepat adalah sejak dia lahir hingga mencapai usia sekitar dua tahun. Setelah itu, kecepatan pertumbuhan mengalami perlambatan secara perlahan-lahan.

Titik puncak pertumbuhan tinggi badan sendiri berada pada masa puber. Bagi lelaki, masa puber sekaligus pertumbuhan tinggi badan yang cepat terjadi pada usia sekitar 13-14 tahun. Sementara bagi perempuan, masa-masa ideal tersebut berada pada rentang usia 11-12 tahun. Pada usia ini, anak lelaki biasanya tumbuh sekitar 10 cm per tahun. Sedangkan pada anak perempuan pertumbuhan berkisar 7 cm per tahun. Setelah masa ini, pertumbuhan kembali berkurang dan akan menapaki angka 0 pada usia tertentu.

Pada laki-laki, terhentinya masa pertumbuhan fisik biasanya terjadi pada usia 18-20 tahun. Sedangkan pada kaum hawa, terhentinya pertumbuhan tinggi badan terjadi pada kisaran usia 15-16 tahun. Tentu saja, faktor-faktor seperti gizi dan kesehatan tubuh secara keseluruhan ikut menyumbangkan peranan penting.

Pada masa-masa pertumbuhan, olahraga kemungkinan berperan dalam membuat seseorang menjadi lebih tinggi. Beberapa olahraga yang dianggap bisa membantu mendapatkan tinggi optimal antara lain berenang, bersepeda, jalan kaki, dan yoga. Hanya saja, olahraga peninggi badan tersebut harus diimbangi dengan diet yang tepat dan tidur yang cukup tiap hari.

Untuk mengikis pertanyaan yang mengundang rasa khawatir mengenai tinggi badan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Mintalah saran dan pendapat mereka mengenai olahraga peninggi badan yang efektif serta apa saja asupan gizi yang ideal sebelum melakukannya.

Olahraga Tinggi Badan

Olahraga tinggi badan Yang Bisa Dilakukan Di Rumah – Mempunyai tinggi badan yang ideal adalah salah satu impian banyak orang, karena sudah tentu dapat meningkatkan rasa percaya diri. Berbagai cara dilakukan agar bisa meninggikan badan secara cepat dan alami. Jika anda mempunyai keinginan untuk menambah tinggi beberapa centimeter lagi secara alami melalui latihan, ini adalah artikel yang tepat untuk Anda. Berapa pun usia anda, latihan yang diberikan dalam tulisan ini akan membantu meninggikan badan melalui olahraga yang mudah dan bisa anda lakukan di rumah.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan, diantaranya faktor genetik, asupan gizi makanan, kualitas tidur, serta olahraga. Perkembangan tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh kelenjar pituitari yang terdiri atas tiga bagian, yaitu lobus anterior, pars intermedia, dan lobus posterior. Lobus anterior memproduksi hormon pertumbuhan dan hormon lainnya. Hormon pertumbuhan bertugas mengatur pertumbuhan jaringan tulang keras dan tulang rawan. Dalam program peninggi badan, melalui metode khusus, kelenjar pituitari dapat ditingkatkan aktivitasnya sehingga menghasilkan hormon pertumbuhan yang lebih optimal.

Berikut Merupakan Beberpa Olahraga Peninggi Badan Yang Bisa Dilakukan Di Rumah dengan Cepat.

Olahraga ini bisa dilakkukan dalam waktu singkat, bahkan dalam 1, 2 sampai 3 minggu anda sudah mendapatkan hasilnya. Anda bisa melakukan olah raga tinggi badan setiap pagi atau sebelum tidur :

1.Peregangan

Gerakan peregangan akan membuat bagian tulang punggung dan yang lainnya menjadi lurus, tertarik memanjang. Jika dilakukan rutin gerakan ini dapat membantu untuk menambah panjang tulang punggung. Dengan peregangan dan melenturkan tubuh anda, latihan ini akan merangsang tubuh anda untuk mensekresi HGH (Hormon Pertumbuhan Manusia), yang meningkatkan tinggi badan anda.

2.Basic Leg Stretch

Caranya adalah pertama tama duduk dengan posisi kaki terpisah sejauh mungkin satu sama lain, lalu raihlah ujung kaki menggunakan tangan Anda. Upayakan untuk menjaga lutut Anda tetap lurus.

Olahraga Peninggi Badan Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

Selanjutnya cobalah raih ujung kaki yang satunya. Pastikan tulang belakang Anda tetap lurus dan Anda hanya bergerak dari pinggul.

Ingat, jangan lengkungan tulang belakang bagian atas. Peregangan ini baik untuk tulang punggung dan kaki. Lakukan pengulangan dengan rentang waktu 6-15 detik.

3.Peregangan Dengan Posisi Seperti Jembatan

Peregangan lain yang dapat anda lakukan untuk menambah tinggi badan adalah dengan memposisikan badan seperti jembatan. Caranya adalah dengan berbaring di mana lutut ditekuk dan telapak kaki menapak mendatar di lantai, sedekat mungkin dengan bokong. Lalu pegang pergelangan kedua kaki dengan masing-masing tangan, sementara itu naikkan pinggul dan lengkungkan tulang belakang.

Peregangan Dengan Posisi Seperti Jembatan

Dengan posisi ini maka wajah akan menghadap ke langit-langit. Usahakan mengangkat perut setinggi yang Anda bisa, dengan posisi tangan masih memegang pergelangan kaki. Jika Anda tidak bisa memegang pergelangan kaki, jaga lengan tetap di samping dan gunakan untuk mendorong tubuh Anda ke atas.

Ulangi latihan ini dengan rentang waktu 3-10 detik. Mungkin awalnya latihan ini terasa berat, namun jika sudah terbiasa akan terasa ringan.

4.Peregangan Dengan Posisi Seperti Meja

Latihan ini merupakan Olahraga Peninggi Badan Yang Bisa Dilakukan Di Rumah yang paling efektif untuk menambah tinggi badan. Latihan yang dilakukan adalah dengan menarik anggota-anggota tubuh sehingga posisinya menyerupai meja. Cara melakukannya adalah dengan duduk di lantai dan posisikan kaki lurus. Jaga badan tetap lurus, lalu tempatkan telapak tangan di lantai, di samping bokong Anda. Kemudian tempelkan dagu ke arah dada. Selanjutnya angkat kepala dan dongakkan sejauh mungkin.

olahraga peninggi badan

Sambil mendongakkan kepala, angkat tubuh sehingga lutut jadi menekuk, dengan lengan yang tetap lurus. Tubuh dan bagian atas kaki lurus dan horizontal ke lantai, sedangkan lengan dan kaki bagian bawah dalam posisi tegak lurus ke lantai, sehingga tubuh Anda menyerupai meja. Latihan ini mungkin cukup berat, lakukan pengulangan dengan rentang waktu 8-20 detik.

5.Melompat Dengan Satu Kaki

Gerakan ini sederhana. Dapat dilakukan di manapun dan kapanpun meski dengan ruang yang terbatas sekalipun. Anda cukup mengangkat satu kaki, kemudian melompat setinggi mungkin dengan satu kaki.

Lakukan bergantian, masing-masing sebanyak 8 kali. Saat melompat, kedua tangan seperti sedang ingin meraih ke atas. Manfaat dari latihan ini yaitu untuk menguatkan otot otot bagian kaki.

6.Lompat Tali

Lompat tali merupakan jenis Olahraga Peninggi Badan Yang Bisa Dilakukan Di Rumah yang juga cukup mudah untuk dilakukan, selain itu olahraga ini juga mampu membentuk otot-otot kaki dan menambah tubuh menjadi lebih tinggi. Untuk mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya lakukan olahraga ini secara rutin dan teratur setiap hari.

7.Gerakan Bergelantung (Vertical Hanging & Pull Up)

Ini adalah Olahraga Peninggi Badan Yang Bisa Dilakukan Di Rumah yang berupa latihan peregangan sederhana tetapi sangat efektif.

Yang perlu anda miliki adalah sebuah “bar” yang kuat untuk menahan berat badan anda, berada sekitar 2 meter di atas tanah, sehingga jarak antara kaki anda dan lantai paling tidak 10-15 cm.Tahan lengan dengan lebar seukuran bahu dan mulai menggantung. Tahan selama yang anda bisa, dan ketika anda mulai lelah, perlahan berayun bolak-balik dan coba untuk menyentuh tanah dengan kaki anda. Ini berguna melenturkan serta memanjangkan tulang punggung anda.Lakukan latihan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang optimal.

8.Posisi Ular Cobra (Cobra Stretch)

Ini pada dasarnya adalah latihan Yoga, dimaksudkan untuk meregangkan tulang belakang dan membuatnya lentur dan lebih fleksibel, sehingga tulang rawan antara tulang belakang anda tumbuh dan meningkatkan tinggi badan anda.

Berbaringlah di lantai, menghadap ke bawah, dengan telapak tangan di lantai bawah bahu anda. Mulailah dengan melengkungkan tulang belakang anda ke atas, diikuti dengan dagu anda. Lengkungan sejauh mungkin. Lakukan 3-4 sesi, dengan setiap sesi berlangsung selama 5-30 detik.

9.Gerakan Peregangan Ala Kucing

jenis Olahraga Peninggi Badan Yang Bisa Dilakukan Di Rumah yang selanjutnya adalah Gerakan Peregangan Ala Kucing.

Pernah melihat kucing yang sedang melakukan peregangan? Kedua kaki depannya ditarik ke depan, sementara tubuhnya ditarik ke belakang. Nah, inilah yang disebut dengan peregangan ala kucing.

Olahraga Tinggi Badan

Namun, mari kita lakukan lebih maksimal lagi. Pertama letakkan kedua telapak tangan menempel di lantai membentuk gunung (bertumpu pada jari-jari tangan). Kemudian perlahan bawa dada ke bawah seperti gerakan push up. Tarik perlahan ke atas hingga mencapai bentuk tubuh seperti busur, dan tarik punggung semaksimal mungkin. Bagian tubuh akan terasa mulai panas, terutama di daerah punggung, perut dan lengan. Lakukan gerakan ini setiap hari setelah bangun dari tidur.

10.Pilates Roll Over

Ini adalah latihan jenis Olahraga Peninggi Badan Yang Bisa Dilakukan Di Rumah yang sangat baik untuk meregangkan tulang belakang dan memperpanjang tubuh bagian atas anda. Selain untuk tulang punggung, gerakan ini juga meregangkan dan memperpanjang tulang belakang di daerah leher anda.

Berbaring terlentang dengan tangan disisi tubuh anda, telapak tangan mengarah ke bawah. Dengan kaki anda bersama-sama, perpanjang semuanya langsung ke arah langit-langit dan segera lengkungkan ke arah kepala anda sehingga kaki anda menyentuh lantai. Mungkin anda tidak bisa menyentuh lantai pada awalnya, tetapi semakin sering anda latihan dan mencoba maka anda akan bisa. Semakin sering latihan ini di lakukan, maka tulang belakang anda akan cepat bertambah panjang.

Itulah beberapa jenis Olahraga Peninggi Badan Yang Bisa Dilakukan Di Rumah yang dapat saya sampaikan semoga informasi ini dapat sedikit membantu permasalahan anda. Olahraga atau latihan diatas terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan tinggi badan, bahkan setelah pubertas, jika dilakukan dengan benar dan teratur.

Selain melakukan olahraga diatas anda juga dapat mengkonsumsi suplemen peninggi badan secara teratur untuk merangsang pertumbuhan ataupun memperkuat tulang agar tidak merasa sakit pada sendi anda setelah melakukan latihan diatas. Suplemen peninggi badan merek tiens memang sangatlah fenomenal untuk menambah tinggi badan anda karena banyaknya sekali testimoni yang positif atau bukti khasiat produk yang sudah dirasakan oleh ribuan orang.

 

tags: , , , ,