Mengukur Tinggi Badan

Selasa, Mei 29th 2018. | artikel

Mengukur Tinggi Badan

Mengukur sendiri tinggi tubuh itu mudah, kalau Anda pahami langkah dan cara-caranya. Anda bisa pula mengukurnya tiap saat Anda mau. Dan artikel ini akan kami tujukan untuk anda bisa mengetahui langkah mengukur tinggi tubuh/badan Anda melalui cara yang cepat, namun tetap akurat.

Menggunakan Pita Ukur

Kumpulkanlah alat-alat yang dibutuhkan untuk mengukur tinggi badan Anda. Pastikan Anda memiliki alat-alat seperti yang berikut ini:

Pita ukur, penggaris, atau meteran

Cermin

Pensil

Kotak kecil atau buku tebal

Pastikan dulu tempat yang sesuai untuk mengukur tinggi badan Anda. Ambillah tempat yang memenuhi persyaratan seperti yang berikut ini:

Cari kotak kecil, cermin, serta pensil yang bisa Anda jangkau saat sebelum memulai. Peganglah kotak pada satu tangan, dan cermin serta pensil di tangan yang lainnya. Atau, tempatkan cermin pada paku dinding, supaya Anda tidak perlu memegang cermin.

Lepaskan alas kaki Anda. ukurlah tinggi tubuh Anda sendiri ketika Anda sudah tidak menggunakan alas kaki, hingga tinggi tubuh Anda tidak termasuk juga dengan alas kaki.

Lepaskan accessories yang ada di atas kepala Anda. Artinya, anda tidak disarankan menggunakan topi atau headband, dan sanggul serta rambut ekor kuda. Gerai rambut Anda serta pastikan juga jika rambut Anda datar di bagian atas kepala Anda.

Cari permukaan yang datar, serta dinding yang padat. Berdirilah berlawanan dengan dinding dengan kedua kaki Anda.

Mengukur Tinggi Badan

Buat tubuh Anda setegap mungkin yang anda bisa. Gerakkan tumit, bokong, bahu, dan kepala Anda supaya lurus berlawanan dengan dinding serta pastikan dulu seluruh sisi tubuh Anda menyentuh dinding. Buat tubuh Anda selurus mungkin yang anda bisa.

Tempatkan kotak kecil tadi di atas kepala Anda, serta tempatkan berlawanan dengan dinding. Gunakan cermin untuk memastikan kotak itu horizontal. Memiringkan maupun membuat kotak itu terselip akan membuat pengukuran jadi tidak akurat.

Tandai posisi paling atas kepala Anda pada dinding dengan pensil. Bila memungkinkan, jaga kotak pada posisinya, serta tandai dinding di antara kotak serta kepala Anda.

Ukurlah dari lantai hingga tanda pensil yang sudah Anda buat sebelumnya dengan tali pengukur. Buat tali pengukur tetap lurus, berlawanan dengan dinding.

Tips

Coba untuk mencari dinding disamping engsel pintu. Engsel maupun pojok ruangan dapat berperan sebagai petunjuk supaya tali pengukur Anda bisa lurus ketika mengkalkulasi tinggi badan Anda.

Kerjakan pengukuran tubuh ini saat malam hari, atau setelah kegiatan harian Anda sudah selesai. Beberapa orang mengukur tinggi mereka sedikit lebih tinggi tepat setelah mereka bangun tidur.

Pada posisi terbaring, tulang belakang manusia akan memanjang secara horizontal, membuat tulang belakang Anda jadi lebih panjang. Bersamaan dengan aktifitas Anda berjalan tegak, tulang belakang Anda akan tersusun serta terkompresi, membuat tinggi Anda jadi stabil.

Memakai stadiometer yaitu cara yang baik untuk mendapatkan ukuran tinggi tubuh Anda sendiri secara akurat. Alat pengukur tinggi ini pada umumnya berbentuk digital dan yang perlu Anda kerjakan yaitu berdiri berlawanan dengan alat itu serta turunkan sisi atas alat itu pada kepala Anda. alat ini dapat Anda peroleh pada ruang kerja doctor serta beberapa fitness center.

Menggunakan Stadiometer

Mencari satu stadiometer untuk membantu mengukur tinggi Anda. Mencari satu stadiometer di ruang kerja dokter atau di gimnasium.

Mencari stadiometer digital sebisa-bisanya. Menggunakan stadiometer digital dapat memberi hasil yang lebih akurat.

Mencari stadiometer yang terdiri dari penggaris dan penggeser datar yang Anda dapat atur untuk diletakkan pada kepala Anda.

Tapi tahukah kamu, bagaimana cara mengukur tinggi badan dengan menggunakan smartphone Android? Penasaran?

Kecanggihan smartphone saat ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Dengan smartphone, kamu bukan hanya bisa SMS dan telepon, tapi juga main game, mendengarkan musik, hingga mengabadikan gambar lewat foto dan video. Bahkan keperluan kerja pun bisa.

Mengukur Tinggi Badan

Cara Mengukur Tinggi Badan dengan Smartphone

Sebenarnya banyak sekali sensor canggih yang dibekalkan pada smartphone. Bukan hanya sebatas sensor Ambient Light untuk fungsi Auto-Brightness; atau sensor Magnetik, Gyriscope dan Accelerometer untuk headset VR. Bahkan smartphone juga bisa jadi penggaris loh!

Nah, salah satu sensor yang akan digunakan untuk mengukur tinggi badan di smartphone adalah Measurement Sensor. Adapun aplikasi yang akan digunakan untuk mengukur tinggi badan ini adalah Smart Measure.

Install aplikasi Smart Measure di smartphone kamu.

Setelah ter-install, kamu bisa langsung menggunakannya. Pertama-tama, yang harus kamu lakukan adalah mengukur jarak dari smartphone ke orang yang mau dihitung tinggi badannya. Lalu klik Get Distance.

Tips: Bidik ke bumi (permukaan tanah) ya! Misal mau menghitung tinggi teman badan teman kamu, maka kamu harus hitung jarak awalnya ke sepatu.

Setelah selesai, kamu bisa mulai mengukur tinggi badan menggunakan smartphone.

Bukan hanya mengukur tinggi badan di smartphone, aplikasi Smart Measure juga bisa digunakan menghitung lebar dan luas.

Keren, kan? Mudah lagi menggunakannya. Sekarang kamu gak perlu lagi meteran manual untuk mengukur tinggi badan deh. Cukup hitung tinggi badan kamu menggunakan smartphone aja.

tags: , , , ,