Makanan Untuk Peninggi Badan

Minggu, Mei 27th 2018. | artikel

Makanan Untuk Peninggi Badan

Tubuh tinggi merupakan dambaan semua orang. Selain terlihat lebih proporsional, memiliki badan yang tinggi ideal akan meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

Namun tidak semua orang dianugerahi tubuh yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan hormon pengontrol tinggi badan bekerja secara berbeda pada tubuh setiap orang.

Menurut para ahli, tinggi badan seseorang umumnya dipengaruhi oleh faktor genetik, dan pertambahan tinggi badan sejatinya akan berhenti saat melewati usia 18 tahun. Kendati demikian, beberapa ahli percaya jika tinggi badan tetap bisa bertamabah beberapa inchi dengan bantuan asupan nutrisi.

Makanan yang mengandung mineral seperti potasium, mangan, kalsium merupakan jenis makanan yang paling baik untuk menambah tinggi badan. Dilansir Times of India, makanan yang mengandung protein tinggi juga disarankan untuk kamu yang ingin menambah tinggi badan.

agi sebagian orang permasalahan spulemen tinggi badan terkadang menjadi salah satu hal yang sering dipersoalkan. Hal ini karena tinggi badan bisa mempengaruhi rasa percaya diri atau penampilan di depan umum. Terlebih lagi bagi mereka yang bergelut dalam karir yang harus mengutamakan tinggi badan tentunya hal ini sangat penting sekali.

 

Makanan untuk peninggi badan

Inilah beberapa jenis makanan untuk tinggi badan

Dalam upaya untuk menambah tinggi badan, tentunya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya yaitu dengan konsumsi makanan tertentu secara rutin dan teratur. Ini bisa menjadi salah satu cara dalam upaya untuk menambah tinggi badan secara alami dengan mengandalkan pemenuhan nutrisi untuk tubuh. Berikut ini ada beberapa jenis makanan untuk peninggi badan secara alami!

  1. Susu

Minum Segelas Susu

Sudah menjadi rahasia umum jika susu secara efektif bisa menambah tinggi badan. Kandungan kalsium di dalamnya membuat susu menjadi makanan untuk peninggi badan terbaik untuk masa tumbuh kembang seorang anak.

Dalam segelas susu murni, kandungan kalsiumnya mencapai 270 mg. Kalsium merupakan zat paling penting untuk membentuk dan memperbaiki sel-sel tulang yang telah rusak.

Selain itu, susu juga kaya akan kandungan mineral seperti magnesium, fosfor, kalium, selenium, dan seng yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

  1. Bayam

Bayam sebagai sumber magnesium

Sayuran hijau yang sering kamu konsumsi setiap hari ini ternyata dapat menjadi sumber makanan penambah tinggi badan yang murah dan mudah didapatkan. Kandungan kalsium bayam yang lebih tinggi daripada sayuran hijau lainnya, yaitu mencapai 200 mg dapat mencukupi kebutuhan kalsium setiap hari.

Makanan Untuk Peninggi Badan

  1. Kedelai

selanjutnya ada kedelai yang juga baik untuk menambah tinggi badan seseorang. Kandungan protein, folat, vitamin, fiber di dalam kedelai dapat meningkatkan massa dan kepadatan tulang.

Para pakar nutrisi menganjurkan untuk mengkonsumsi minimal 50 gram kacang kedelai setiap harinya untuk menjaga kesehatan tulang.

  1. Oatmeal

Oatmeal yang kaya akan kandungan protein sangat bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan tulang. Dalam 100 gram oatmeal mengandung 16 gram protein, lebih tinggi dari gandum yang hanya 14 gram.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, ahli menyarankan untuk menyantap sedikitnya 50 gram oatmeal sebagai menu sarapan sehari-hari.

  1. Kacang dan Biji-bijian

Kacang tanah, almond, serta biji-bijian seperti biji bunga matahari, dan biji labu mengandung mineral penting dan juga asam amino yang sangat berguna untuk memperbaiki dan membangun sel-sel tulang yang baru. Selain itu, kandungan mineral dan vitamin pada kacang dan biji-bijian berguna untuk memicu produksi hormon yang mempengaruhi tinggi badan.

  1. Pisang

Pisang dikenal sebagai buah dengan kandungan potasium yang tinggi. Potasium ini berguna untuk memaksimalkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

Selain potasium, pisang juga mengandung kalsium dan zat mineral lain yaitu mangan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengoptimalkan proses pertumbuhan tulang.

  1. Ikan Salmon

Bumil 5

Ikan salmon telah dikenal sebagai sumber protein yang bermanfaat bagi tulang. Selain tinggi protein, ikan salmon juga dikemas dengan vitamin D yang berguna untuk membantu pembentukan dan perbaikan tulang.

Dalam vitamin D terdapat molekul bernama kalsitriol, molekul inilah yang berperan penting dalam membantu penyerapan kalsium pada tulang dan otot.

Makanan Untuk Peninggi Badan

  1. Daging Ayam

Bakteri salmonella pada daging ayam

Selain kalsium, protein juga berperan penting dalam pertumbuhan tulang, setidaknya dalam 100 gram daging ayam terkandung 18,2 gram protein dan 14 mg kalsium, serta 200 mg fosfor.

Tak berhenti sampai di situ, makanan untuk peninggi badan daging ayam juga mengandung vitamin D yang baik untuk membantu penyerapan kalsium dan memperkuat tulang. Namun, meski mengandung banyak nutrisi, pengolahan ayam perlu diperhatikan agar semua nutrisi tersebut tidak terbuang percuma.

  1. Brokoli

Brokoli menjadi makanan selanjutnya yang bisa makanan untuk peninggi badan seorang anak. Sayuran hijau ini dikemas dengan berbagai macam vitamin serta mineral yang baik untuk kesehatan tulang.

Kandungan zat besi di dalamnya juga berguna bagi tumbuh kembang anak, terutama untuk meningkatkan tinggi badan. Mengkonsumsi brokolo secara rutin dapat menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Sebagai orang tua, Anda tentu ingin anak Anda memiliki tubuh yang tinggi dan sehat. Untuk mendukung tinggi badan anak, Anda harus memperhatikan gizi anak. Nah, berikut adalah beberapa makanan sehat yang bisa mendukung tinggi badan anak.

Tidak mengherankan terkadang ada sebagian orang yang melakukan latihan untuk meninggikan badan. Bahkan ada juga yang melakukan diet konsumsi makanan tertentu yang diimbangi dengan latihan rutin untuk meninggikan badan. Semua ini tentunya bebas saja dilakukan yang terpenting tidak membahayakan kesehatan tubuh dan tidak memberikan efek samping negatif.

 

tags: , , , ,